Mengatasi Tampilan Proyektor Tidak Sesuai dengan Layar Laptop (Sebuah Pengalaman)

Setelah mengalami laptop tidak bisa terhubung dengan proyektor, kini saya mengalami kejadian baru lagi yaitu tampilan proyektor tidak sesuai dengan layar laptop.

Begini ceritanya.

Ketika saya sedang melakukan presentasi kepada para siswa di kelas, ternyata terjadi kendala yang cukup mengganggu saya.

Kendala tersebut ialah layar proyektor tidak menampilkan slide powerpoint yang saya buat. Melainkan hanya terlihat wallpaper/dekstop laptop saya.

Ketidakberesan proyektor sebenarnya sudah saya sadari ketika pertama kali menghubungkan konektor.

Saat itu, memang proyektor bisa terhubung dengan laptop namun yang tampil hanya gambar dekstop saja. Namun shortcut aplikasi pada dekstop tidak terlihat dan benar saja ternyata ada yang tidak beres dengan tampilan proyektor tersebut.

Padahal pada hari sebelumnya, ketika saya menggunakan proyektor tersebut tidak ada masalah apapun dan bisa dipakai dengan baik.

Penyebab Proyektor Hanya Tampil Wallpaper/Dekstop Saja

Setelah mencari berbagai informasi tentang masalah ini, saya memperoleh kesimpulan bahwa tampilan laptop yang tidak sesuai dengan proyektor bukan karena persoalan komputer, proyektor atau windownya (Baik Windows 7, 8, 10).

Justru hal itu merupakan salah satu fungsi penggandaan display (Multiple Display) yang akan menghubungkan laptop ke LCD.

Ada 4 pilihan dengan fungsinya masing-masing mengenai konektivitas layar laptop dengan LCD. Keempatnya adalah sebagai berikut:

  1. Computer Only : fitur ini dipakai ketika anda ingin menampilkan gambar layar hanya pada komputer / laptop saja, sedangkan di proyektor tidak tampil tanpa harus mematikan power LCD atau memutuskan konektornya
  2. Duplicate: fitur ini dipakai guna menampilkan gambar layar pada kedua perangkat, baik itu di komputer/laptop serta proyektor. Settingan ini harus anda pilih ketika ingin melakukan presentasi.
  3. Extend : fitur ini dipakai untuk membagi tampilan layar menjadi dua bagian yaitu di komputer /laptop dan proyektor. Hal ini berguna untuk menjaga privasi anda dalam saat mencari file-file yang diinginkan tanpa harus diketahui oleh para audience
  4. Projector Only: fitur ini bisa anda pakai ketika hanya ingin menampilkan gambar layar pada proyektor saja, sedangkan tampilan pada laptop akan mati untuk sementara waktu sampai anda memilih pilihan yang lain.

Cara Mengatasi Tampilan Proyektor Tidak Sesuai dengan Layar Laptop

Apabila anda mengalami hal yang sama dengan saya yaitu tampilan proyektor berbeda dengan layar laptop itu dikarenakan pengaturan konektornya hanya untuk komputer saja.

Adapun cara menggantinya adalah sebagai berikut :

  • Klik Kanan pada dekstop anda
  • Pilih screen resolution
  • Pilih Connect to a projector
  • Kemudian pilih duplicate
  • Nah sekarang lihat, tampilan layar laptop akan sama dengan yang ada di proyektor

Kesimpulan

Adanya perbedaan tampilan LCD dengan layar laptop itu akibat pengaturan multiple display anda beradadi Computer Only.

Maka agar tampilan keduanya sama silahkan anda ubah menjadi duplicate. Demikianlah informasi mengenai Mengatasi Tampilan Proyektor Tidak Sesuai dengan Layar Laptop yang bisa saya bagikan kepada anda semua.