Sejuta Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh

Selain rasanya yang lezat, ternyata manfaat buah semangka sangat banyak sekali bagi tubuh manusia.

Buah yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Afrika Selatan.

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman merambat dan satu keluarga dengan labu–labuan, juga termasuk pada suku ketimun.

Buah semangka adalah buah yang diminati banyak orang, karena memiliki banyak sekali kandungan air yang bisa menyegarkan di saat kita kehausan dan saat cuaca panas. Rasanya yang khas dan manis membuat banyak orang menyukainya.

Ada banyak kandungan nutrisi di dalam buah semangka, seperti niacin (Vit. B3), riboflavin vitamin B6, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Melimpahnya kandungan vitamin dan nutri pada buah semangka, dapat membuat tubuh seseorang menjadi tetap sehat bugar.

Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harianmu.

Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

Berikut beberapa manfaat menakjubkan dari buah semangka bagi kesehatan tubuh kamu :

1. Anti Inflamasi

Di dalam Buah semangka terdapat kandungan anti inflamasi, yang bisa membantu dalam menghambat inflamasi pada tubuh seseorang.

2. Mengatasi Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang menyerang bibir dan lidah yang disebabkan kekurangan vitamin C dan kekurangan cairan. Untuk mengobati penyakit ini anda bisa mengkonsumsi semangka atau membuatnya menjadi juz. Vitamin C yang ada pada semangkan akan membantu penyembuhan luka sariawan dengan cara membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut.

3. Menyehatkan Jantung

Buah semangka juga menjadi sumber likopen. Likopen yang terdapat pada buah semangka sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan organ jantung manusia. Serta memperlancar sirkulasi darah menuju ke jantung.

4. Menyehatkan Mata

Buah semangka mengandung betakaroten yang akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan kamu.

Baca juga : Misteri Manfaat Buah Semangka Kuning

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Semangka juga sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

6. Perlindungan Dari Radikal Bebas

Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ke tubuh seseorang.

7. Mencegah Penuaan

Kandungan antioksidan yang kuat dalam buah semangka, seperti likopen, vitamin C dan vitamin A, membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik pada wajah.

Masker semangka dapat membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman. Caranya, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Lalu gunakan sebagai masker ke seluruh permukaan wajah anda.

8. Memperkuat Tulang Tubuh

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium, yang berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat, kuat, dan tidak mudah keropos.

9. Meredakan Nyeri Otot

Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino, dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan.

10. Menyehatkan Organ Ginjal

Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan begitu, maka akan membuat organ ginjal menjadi lebih sehat. Dengan kemampuan diuretik dan ginjal, buah semangka juga mampu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh.

11. Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh kamu.

12. Menetralkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam buah semangka, mampu mengurangi resiko peningkatan penyakit hipertensi bahkan stroke.

13. Membuat Tidur Nyenyak

Kandungan karbohidrat polisakarida di dalam buah semangka dapat meningkatkan kadar seretonin dalam otak. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari, membuat otak tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu tidur, seperti suara, sehingga tidur menjadi lebih berkualitas.

14. Mengatasi Rambut Rontok

Kerusakan rambut yang menjadi momok mengerikan di mata para wanita adalah rambut rontok berlebihan. Cara mengatasinya bisa dengan semangka, lebih tepatnya menggunakan kulit semangka yang digosokkan pada kulit kepala secara merata agar kerontokan rambut bisa diminimalisir. Untuk perawatan ini sebaiknya Kamu melakukannya pada sore hari.

15. Obat diabetes

Buah semangka bisa dijadikan sebagai obat tradisional kencing manis atau diabetes. Kencing manis atau diabetes adalah penyakit metabolisme akibat berlebihnya kadar gula dalam darah (glukosa), sehingga mengakibatkan kerusakan pada pengeluaran insulin, caranya dengan menoreh kulit buah semangka dan dipadukan dengan jambu biji yang masih mengkal. Setelah itu rebus dalam 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas air, kemudian diminum apabila air rebusan sudah tidak dingin.

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami gangguan kehamilan yang umum, seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, yang biasa disebut edema. Kandungan air semangka dapat mengurangi penyumbatan pada otot dan pembuluh darah. Sehingga bisa mencegah terjadinya endema.

2. Mencegah Dehidrasi

Salah satu akibat dari dehidrasi pada ibu hamil adalah kontraksi prematur atau mampu menyebabkan kelahiran prematur. Kandungan air dalam semangka yang mencapai 90% bisa mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil.

3. Mencegah Pigmentasi

Buah semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan menjaga gerakan dari usus halus, yang akan berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan begitu, resiko pigmentasi akan berkurang sehingga kulit ibu hamil akan tetap halus.

4. Mengatasi Morning Sicknes

Morning sickness muncul sebagai tanda-tanda kehamilan awal. Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, serta mencegah keluhan Morning sickness pada ibu hamil.

5. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka sangat kaya akan kalium yang berfungsi membuat kalsium bertahan dalam tubuh. Sehingga bisa bermanfaat dalam membentuk tulang janin.

Demikian informasi tentang Manfaat Buah Semangka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.