Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan

Selain rasanya yang lezat, Ikan Gabus juga dikenal sebagai makanan yang sehat dan kaya protein hewani.

Ikan jenis ini banyak sekali terdapat di perairan Indonesia. Karena ikan gabus sangat cocok hidup di sungai, danau maupun rawa.

Kandungan protein dalam ikan gabus sangat tinggi di bandingkan lauk hewani lainnya, dalam Per 100 gram, kadar protein telur hanya 12,8 gram, daging ayam 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sedangkan ikan gabus mencapai 25,2 gram. Sangat jauh terpautnya.

Ikan Gabus

Nilai plus yang dimiliki Ikan gabus dengan ikan jenis lain adalah nilai cerna yang sangat baik. Yaitu mencapai lebih dari 90%.

Di samping itu, protein kalogen yang terdapt dalam ikan gabus juga lebih rendah dibandingkan dengan yang ada daging hewan ternak, yang dapat membuat tekstur daging ikan gabus terasa lebih empuk.

Keunggulan protein yang terkandung dalam ikan gabus lainnya menurut penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno adalah sangat kaya akan albumin. Albumin adalah salah satu jenis protein yang mencapai 60% dari total plasma protein dalam darah manusia. Kadar albumin dalam ikan gabus / ikan kutuk sangat tinggi yakni 62,24 g/kg, sementara telur hanya 9,34 g/kg. selain dikonsumsi sebagai makanan, kadang kala ikan gabus juga dijadikan sebagi obat.

Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan

Nah, berikut adalah beberapa Manfaat ikan gabus :

1. Pembentukan dan pertumbuhan

Kandungan protein ikan gabus yang sangat tinggi akan menguntungkan tubuh dalam proses pembentukkan dan pertumbuhan sel jaringan tubuh karna protein sangat berperan dalam hal tersebut.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daging ikan gabus banyak mengandung albumin dimana albumin ini merupakan salah satu jenis protein. Protein berperan dalam membangun sel serta memelihara sel-sel yang rusak.

Baca juga : Manfaat Kurma bagi Kesehatan

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Albumin tidak hanya berperan dalam perbaikan sel yang rusak tetapi juga menjaga tekanan osmotic didalam tubuh. sehingga cairan di dalam tubuh dapat seimbang.

4. Sehat untuk pencernaan

Ikan gabus sangat mudah dicerna karena kandungan kolagennya rendah.

5. Memperbaiki gizi

Dengan 100 gram ikan gabus maka sudah dapat memenuhi asupan protein anak balita.

6. Mengatasi oedema dan acites

Oedema merupakan penumpukan cairan di bagian bawah, umumnya pada bagian kaki. Acites merupakan penumpukan cairan pada bagian perut. Hal ini terjadi karna pada tubuh terjadi kekurangan albumin. Diman albumin berfungsi dalam menjaga tekanan osmotic agar tidak terjadi penumpukan cairan.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Universitas Hasanudin menunjukkan pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari dapat meningkatkan kadar albumin darah 0,6-0,8 g/dl. Para ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang diberi ekstrak ikan gabus secara teratur, dapat meningkatkan kadar albumin di dalam darah, sehingga berat badannya akan naik secara perlahan dan ketahanan tubuhnya meningkat.

8. Membantu penyembuhan Autis

Autis merupakan kondisi dimana tubuh tidak mampu lagi mentolerir logam berat yang ada di dalam tubuh. Sementara itu, di dalam daging Ikan terdapat zat Albumin. Kadungan Albumin ini berperan dalam mengikat berbagai obat dan logam berat yang tidak mudah larut di dalam darah.

9. Membantu pertumbuhan otot

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan otot. Protein berperan penting sekali dalam perkembangan setiap sel dalam tubuh dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung protein yang tinggi dapat membantu asupan asam amino dan nutrisi lain dalam tubuh anda.

10. Memperbaiki fungsi DNA

Fungsi protein di dalam tubuh adalah sebagai pembantu reaksi metabolisme organ tubuh, membantu mengatur fungsi DNA, menanggapi rangsangan , serta membantu mengangkut molekul dari satu organ tubuh ke organ yang lainnya.

Sekian tentang manfaat ikan gabus yang perlu diketahui, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk pembaca dimanapun berada.