Rahasia Manfaat Buah Nanas yang Bikin Takjub

Nanas merupakan jenis tumbuhan tropis yang memang berasal dari kawasan benua Amerika yaitu di beberapa negara seperti Brasil, Bolivia, hingga Paraguay. Tumbuhan ini juga termasuk dalam jenis famili nanas-nanasan.

Manfaat Buah Nanas yang Bikin Takjub

Source Pixabay

Buah yang identik memiliki warna kuning ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan untuk di konsumsi. Selain itu nanas juga banyak sekali memiliki kandungan akan zat gizi, nutrisi, vitamin, hingga kaya mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Nah, berikut ini merupakan beberapa penjalasan mengenai manfaat buah nanas yang bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia, karena tidak sedikit dari mereka yang mengidap penyakit ini berujung dengan kematian.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan oleh untuk bisa mencegah jenis penyakit mematikan ini, salah satunya yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan tentunya juga dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mencegah kanker.

Nah, salah satu makanan yang memiliki kemampuannya untuk bisa mencegah kanker adalah buah nanas. Selain sangat segar diminum dijadikan jus ternya buah yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker karena terdapat kandungan zat anti karsinogenik di dalamnya.

Baca juga : 7 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Zat anti karsinogenik merupakan sebuah zat yang berperan untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan di dalam tubuh. Adanya kandungan antioksidan dari vitamin C di dalam buah nanas ini maka akan mampu untuk melawan sel-sel kanker di dalam tubuh terutama pada usus.

Selain kandungan antioksidan dari vitamin C, buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya, seperti vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa lainnya.

2. Memperkuat tulang

Manfaat selanjutnya dari buah nanas adalah sangat baik jika sering di konsumsi untuk bisa mencegah osteoporosis. Terdapat beberapa kandungan mineral mangan di dalam buah yang ini mampu membuat manfaat yang positif untuk kesehatan, terutama untuk membantu memperkuat tulang dari osteoporosis.

Kandungan mineral mangan tersebut sejatinya sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu untuk memperbaiki jaringan-jaringan pada tulang. Tidak hanya mampu untuk memperkuat tulang, akan tetapi juga bisa mampu untuk memperkuat pada jaringan ikat mulai dari tendon, ligamen, dan jaringan lain yang di sekitaran tulang.

Kamu bisa mengkonsumsi buah nanas ini dengan dimakan secara langsung atau bahkan juga bisa untuk diolah menjadi sebuah jus. Hal ini pastinya akan cukup bisa memberi asupan pada tubuh yaitu sekitar tiga perempat dari mangan yang sangat butuhkan oleh tubuh di setiap harinya.

3. Anti radang

Terdapat dua zat utama di dalam kandungan buah nanas yang efektif dan bisa bekerja secara bersama-sama untuk bisa mengantisipasi tentang munculnya peradangan di dalam tubuh, kedua zat tersebut adalah zat enzim bromelin dan zat enzim proteolitik.

Kedua zat tersebut memang mampu mengurangi peradangan yang bisa memicu kanker atau tumor di dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga bisa bermanfaat sebagai penyembuhan luka yang cepat atau bisa menyembuhkan pembengkakan secara sepat di dalam tubuh.

4. Mencegah kembung

Untuk manfaat terakhir yang bisa dijelaskan dari buah nanas adalah bisa untuk mencegah perut kembung. Memang gejala untuk perut kembung sangat mengganggu untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari secara nyaman.

Tentunya karena buah nanas memiliki kandungan bromelain di dalamnya, zat inilah yang bisa mencegah atau mengurangi perut kembung. Bromelain sendiri merupakan sebuah zat yang dapat membantu untuk memecah makanan di dalam perut sehingga mampu untuk mengurangi gejala perut kembung pada perut.

Selain bisa mengatasi gejala perut kembung pada perut kamu, zat ini juga mampu untuk bisa mengurangi sebuah peradangan paska melakukan operasi, serta bisa mengurangi rasa nyeri pada tubuh, dan juga bisa meredakan pembengkakan pada hidung.