29 Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan

Bawang Bombay atau dalam nama latin disebut dengan Allium Cepa Linnaeus merupakan jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan di penjuru dunia. Bentuknya lebih besar dari pada jenis bawang lainnya, yaitu sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Uniknya, jenis bawang yang satu ini justru lebih dikenal sebagai sayuran daripada sebagai rempah-rempah penyedap masakan.

Hal ini tentunya berbeda dengan bawang merah dan putih, yang perannya dalam masakan merupakan rempah-rempah.

Memasakan bawang bombay bisa dengan berbagai cara, bisa dipanggang, digoreng bahkan juga bisa dimakan mentah-mentah begitu saja sebagai lalapan.

Bawang Bombay

Bawang Bombay

Ukurannya yang besar, membuat bawang jenis ini juga kerap dijadikan sebagai penambah hiasan masakan agar terlihat lebih indah.

Layaknya jenis bawang lainnya, banyak manfaat bawang bombay bagi kesehatan manusia. Di dalamnya mengandung lemak nabati, kalsium, kalori serat, kalium, karbohidrat vitamin A, B1, B2 dan vitamin C yang sangat bagus untuk tubuh.

Dr. Jonathan Stegall dari Johns Creek, ahli gizi dari Amerika Serikat, seperti yang kami kutip dari laman Tribunnews.com dari MedicalDaily.com mengatakan, “Bawang bombay mengandung komponen sulfur yang cukup tinggi sehingga kaya akan kandungan agen detoksifikasi. Ini pula alasan mengapa baunya sangat menyengat,”.

Daftar Isi

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan

Lantas apa saja Manfaat Bawang Bombay? Nah, berikut Manfaat Bawang Bombay untuk kesehatan.

1. Memaksimalkan fungsi vitamin C dalam tubuh

Bawang Bombay merupakan salah satu tanaman yang kaya akan phytochemical. Zat tersebut sanga berguna dalam memaksimalkan fungsi vitamin C dalam tubuh. Selain itu, phytochemical juga berguna untuk melancarkan peredaran darah serta menurunkan resiko inflamasi yang memiliki efek menyehatkan bagi sistem kardiovaskular.

2. Melindungi Terhadap Alergi dan Asma

Di dalam bawang bombay terdapat banyak quercetin, yakni antioksidan yang mempunyai sifat anti-inflamasi (anti-radang) dan anti-alergi. Bawang bombay memiliki seperti efek antihistamine karena kandungan quercetin, antioksidan yang berfungsi sebagai agen antiperadangan. Sebuah penelitian menunjukkan, quercetin terbukti dapat mencegah sel imuno mengeluarkan histamine, yaitu suatu bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi, salah satunya adalah asma.

3. Pencegahan terhadap Kanker

Bawang bombay juga sangat kaya senyawa sulfida, yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari pertumbuhan tumor. Bawang bombay juga dapat menurunkan risiko kanker. Efeknya bakal maksimal bila dikombinasikan dengan kunyit. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 dan dipublikasikan oleh Clinical Gastroenterology and Hepatology menjelaskan sinergi antara keduanya dapat menurunkan jumlah dan juga ukuruan sel kanker yang terdapat pada usus manusia.

Sebuah setudi lainnya menyatakan, penduduk China dengan asupan tertinggi bawang merah, bawang putih dan bawang-bawang lain memiliki risiko kanker perut 40 persen lebih kecil dibandingkan dengan tempat berasupan terendah.

Baca juga : Inilah manfaat air beras yang jarang diketahui

4. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah

Bawang bombay mengandung Allyl propyl disulphide dan mineral krom (chromium) yang membantu meningkatkan produksi insulin, sehingga menurunkan tingginya kadar gula darah (glukosa) yang disinyalir sebagai penyebab diabetes. Insulin merupakan suatu hormon yang dapat membantu dalam menyerap glukosa oleh sel tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Nutrition, quercetin dalam Bawang bombay diketahui juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi setengah potong bawang Bombay mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Turunnya kolesterol jahat, maka akan membuat kesehatan jantung menjadi lebih terjaga. Dalam hal ini, bawang bombay berperan penting dalam menjaga tekanan darah, pembekuan darah di arteri, dan menjaga keelastisan arteri.

Di negara India, orang yang tak pernah mengkonsumsi bawang putih dan bawang bombay mempunyai trigliserida dan kolesterol dalam darah jauh lebih tinggi dan juga memiliki waktu pembekuan darah lebih pendek daripada masyarakat yang mengkonsumsi bawang putih dan bawang bombay.

6. Karies Gigi (Pembusukan Gigi)

Meskipun baunya tidak enak, namun Bawang bombay berkhasiat bagi kesehatan gigi. Cukup menguyah Bawang bombay mentah, dapat menguatkan gigi dan membunuh bakteri penyebab pembusukan di gigi.

7. Mencegah Penggumpalan Darah

Bawang bombay mengandung bahan anti-penggumpalan darah yaitu sulfur. Zar ini bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah.

8. Mencegah Sembelit dan Memperlancar Sistem Pencernaan

Jika kamu sedang mengalami masalah pencernaan, mengkonsumsi bawang bombay dapat mengatasi masalah kamu. Bawang Bombay kaya akan serat yang sangat berguna bagi sistem pencernaan kamu.Bawang bombay mengandung serat pangan yang membantu melancarkan pencernaan. Bawang jenis ini mengandung prebiotik yang dapat mendorong tumbuhnya bakteri menguntungkan di dalam sistem pencernaan sehingg bisa membantu fungsi pencernaan manusia.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Di dalam bawang bombay juga kaya vitamin B kompleks misalnyafolat, thiamin, asam pantotenat, dan piridoksin yang menjadi nutrisi penting bagi otak dan juga dapat mencegah gangguan syaraf.

10. Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Bawang bombay sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami osteoporosis. Bawang bombay mengandung beberapa nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang berupa mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor. Dengan kandungan kalsium serta berbagai zat lain yang sangat berguna untuk mengganti pengeroposan tulang pada wanita,. Dengan rutin mengkonsumsi bawang Bombay bisa menurunkan resiko tulang terkena osteoporosis.

11. Memperkuat Jaringan Penghubung

Kandungan Sulfur di dalam bawang bombay sangat bermafaat untuk pembentukan jaringan penghubung.

12. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Bawang bombay kaya akan antioksidan berupa vitamin C, quercetin, dan mineral mangan, yang sangat ampuh untuk menguatkan sistem imun serta mencegah inflamasi. Dengan menguatkan sistem imun, secara otomatis tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, seperti demam dan influenza.

13. Mengurangi Resiko Hipertensi

Bawang bombay juga mengandung zat allicin, yaitu sebuah zat yang berfungsi menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga menjaga tekanan darah tetap normal.

Khasiat Bawang Bombai lainnya

14. Mampu menekan efek Sinogenik yang menagkal Radikal Bebas masuk kedalam tubuh.
15. Memperkecil resiko terjangkitnya kanker Kolon.
16. Mengobati Flu atau Pilek, dan efeknya yang disebabkan.
17. Obat alami yang mampu membunuh cacing (Obat cacingan).
18. Mengatasi penyakit perut seperti mual, kembung, dan maag.
19. Mencegah diare serta disentri
20. Penambah tenaga atau stamina
21. Menguatkan tulang dan gigi
22. Meningkatkan daya ingat dan kinerja dari otak
23. Mencegah tubuh mengalami dehidrasi
24. Sebagai penambah darah / Obat Anemia
25. Menurunkan kolesterol / kadar gula dalam darah
26. Menghentikan peradangan, seperti : Radang hati, Sendi, Tenggorokan, Tonsil, dan radang telinga.
27. Mencegah timbulnya jerawat
28. Menjaga wajah tetap segar bugar dan merona
29. Mencegah kulit kering dan mengelupas

Demikian informasi tentang 29 Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan. Semoga informasi ini jadi manfaat bagi pembaca setia.