Kandungan Bahaya yang Ada Pada Lipstik

Kandungan Bahaya yang Ada Pada Lipstik – Lipstik merupakan salah satu alat kosmetik yang digunakan untuk menunjang penampilan yaitu dengan cara penggunaan yang dioleskan pada bagian bibir.

Banyak para wanita yang mengandalkan lipstik karena selain barangnya yang kecil, cara penggunaanya yang mudah juga karena hasil dari penggunaanya yang nampak jelas hingga membuat mereka memiliki daya tarik tersendiri.

bahaya lipstik

Source Pixabay

 

Tentu hal ini menjadi pilihan yang sangat diprioritaskan bagi para kaum Hawa untuk tampil cantik dan nyentrik pastinya. Dipasaran juga harga lipstik banyak yang sangat murah. Hal itu juga menjadi pemicu untuk memilih harga yang menarik tanpa melihat kandungan yang ada di dalamnya.

Asal warna bagus dan harga murah langsung membelinya. Karena kita tahu bahwa wanita selalu ingin tampil maksimal dengan dana yang sangat minimal.

Namun tahukah anda jika terdapat bahan berbahaya dan jika memiliki dosis atau ukuran yang berlebihan dapat menjadi berbagai penyakit.

Kandungan Bahaya yang Ada Pada Lipstik

Berikut kandungan bahaya yang ada pada plastik.

1. Parafin

Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh University of Sao Paulo yang berada di Brazil mengungkapkan bahwa penggunaan lipstik yang mengandung parafin mampu mengikis email gigi yang berperan penting untuk melindungi gigi dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Oleh sebab itu, penggunaan lipstik yang mengandung parafin dalam jangka waktu lama dapat membuat gigi mudah keropos dan berlubang karena menjadi sarang berkembangnya bakteri.

2. Timbal atau Lead

Salah satu jenis logam yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh adalah Timbal (Pb) karena logam jenis ini dapat mengakibatkan gangguan pada berbagai sistem syaraf, menurunkan tingkat atau pola berpikir, menurunkan sistem kerja ginjal dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Namun penggunaan timbal dalam dunia kosmetik masih diperbolehkan selama tidak melebihi kadar yang telah ditentukan yaitu sekitar 15 ppm.

3. Bahan pewarna sintetis

Penggunaan bahan pewarna sintetis dalam produk kosmetik akan menimbulkan ganggunan pada organ hati hingga memicu pertumbuhan sel kanker karena pewarna sintetis umumnya merupakan pewarna tekstil yang harusnya hanya digunakan untuk kain atau kertas.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dan Jerawat

4. Diethylene Glycol

Diethylene glycol atau DEG merupakan bahan yang berbahaya dan bukan bahan yang dapat masuk ke dalam tubuh karena dapat menyebabkan gagal ginjal, namun penggunaan diethylene glycol masih diperbolehkan.

5. Merkuri

Bahan yang satu ini terkadang dengan mudah dapat kita jumpai di berbagai produk kecantikan, namun sebaiknya hindari kosmetik yang memiliki komposisi merkuri ini karena dapat memicu kanker.

Nama ini juga tentu sudah sering kita dengar, baik di media cetak atau media online. Sebab penggunaannya memang sangat banyak dan hampir semua bahan kosmetik menggunakannya.

Itulah beberapa kandungan berbahaya yang ada pada lipstik, namun selain bahan-bahan di atas juga terdapat bahan berbahaya lainnya di dalam lipstik seperti hidrokinin, asam retinoat dan resorsinol.

Maka dari itu, bagi para kaum hawa untuk lebih berhati-hati. Jangan sampai ‘keinginan’ untuk menjadi cantik justru akan mengorbankan kesehatan anda.