Cara Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress

Sebagai pengguna WordPress yang masih sangat awam, saya sering mencari informasi tentang cara memaksimalkan tampilan website. Tentunya supaya situs yang saya miliki lebih profesional, nyaman untuk dibaca dan pastinya lebih SEO hehe.

Hal yang ingin saya bahas pada artikel kali ini adalah mengenai cara membuat daftar isi artikel di wordpres. Istilah kerennya adalah Table Of Content.

Pertama kali saya melihat website yang terdapat daftar isinya adalah situs salah satu master blog Indonesia yaitu Mas Sugeng.

Jika anda melihat situs pribadi Mas Sugeng yang beralamat di Sugeng.id pasti anda akan melihat daftar isi yang sangat keren, seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress

Daftar Isi Artikel

Adanya daftar isi tersebut, membuat pembaca lebih mudah menemukan informasi yang dicari. Sebab kita tidak perlu membaca seluruh artikel, melainkan cukup memilih poin yang ingin kita baca saja.

Apa itu Table Of Content

Table Of Content adalah sebuah fitur yang bertujuan membuat daftar isi sebuah artikel. Sehingga pembaca akan lebih mudah mengetahui keseluruhan isi postingan tanpa harus membaca semuanya.

Dengan adanya fitur daftar isi ini, maka pembaca tidak akan merasa ‘tertipu’ karena informasi yang mereka inginkan memang ada dalam artikel tersebut.

Baca juga : Cara Mengetahui Template WordPress Orang Lain

Bagi saya, adanya daftar isi dalam sebuah artikel sangat membantu sekali, terutama bagi website yang artikelnya sangat panjang hingga ribuan kata.

Sebab seringkali pengunjung hanya perlu membaca sebagian artikel saja, tanpa harus membaca satu per satu dari awal hingga akhir.

Plugin Table Of Content

Bagi pengguna wordpress, membuat daftar isi dalam artikel sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menginstal salah satu plugin table of content.

Namun di sini saya menganjurkan untuk menggunakan plugin Table Of Content Plus saja. Selain tampilannya keren, cara settingnya juga mudah.

Membuat Daftar Isi di WordPress Tanpa Plugin

Untuk cara membuat daftar isi di wordpress tanpa plugin sebenarnya juga bisa dilakukan yaitu dengan kustom HTML.

Namun bagi yang masih awam dengan dunia HTML seperti saya pasti akan sangat kesulitan. Maka dari itu, saya sarankan untuk pakai Plugin saja ya.

Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Installasi Plugin Table Of Content

  • Silahkan login ke akun wordpress anda
  • Pilih fitur Plugins
  • Klik Tambah Plugin
  • Pada kolom pencarian masukkan teks Table Of Content Plus
  • Setelah ketemu, klik Install
  • Kemudian Aktifkan

Mengatur Plugin Table Of Content Plus

  • Klik Setting pada Plugin Table Of Content Plus
  • Maka akan muncul jendela pengaturan seperti gambar di bawah ini:
  • Klik Main Options

Cara Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress

Ikuti setting berikut ini:

  1. Position : Before first heading (default), artinya daftar isi akan tampil sebelum tag heading pertama dalam artikel. Anda bisa mengubanya sesuai dengan keinginan
  2. Show when : Daftar isi akan tampil jika dalam artikel ada minimal 2 tag heading, jika anda ingin mengubanya silahkan saja
  3. Auto Insert for the following content types : Maksudnya daftar isi akan muncul di mana saja. Di sini saya memilih di dalam Postingan dan Halaman. Makanya saya memberi cheklist pada Post dan Page
  4. Heading Text : Judul Daftar Isi, di sini saya mengubahnya dengan kata ‘Daftar Isi’
  5. Presetation : Pilih salah satu model daftar isi, di sini saya memilih menggunakan Grey (default)

Cara Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress

Apakah Perlu Membuat Table Of Content?

Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk membuat Daftar Isi pada artikel/halaman website. Menurut saya tergantung dari konten anda masing-masing.

Jika artikel yang anda buat sangat panjang, maka saya anjurkan membuat Daftar Isi karena akan memudahkan pembaca dalam mencari informasi.

Namun apabila artikel pada website anda dikategorikan singkat maka saya tidak perlu.

Itulah informasi mengenai Cara Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin…..