Cara Agar Tulang Kuat dan Padat

Cara Agar Tulang Kuat – Osteoporosis atau yang lebih dikenal dengan tulang keropos adalah suatu keadaan dimana kepadatan tulang mulai berkurang dan disertai kerusakan mikroarsitektur tulang, sehingga tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.

Penyakit keropos tulang ini lazimnya diderita oleh orang lanjut usia atau sekitar usia 65 tahun lebih. 80% penderita osteoporosis adalah wanita, termasuk wanita muda yang mengalami penghentian siklus menstruasi (amenorrhea).

Para Wanita tersebut dapat mengalami kerapuhan tulang disebabkan mereka mempunyai tingkat estrogen yang lebih rendah. Estrogen sendiri ialah suatu hormone yang membantu dalam penyimpanan kalsium.

Namun sebenarnya pria juga bisa terkena osteoporosis. Pada pria testosteron akan diubah menjadi estrogen oleh enzim di dalam darah. Bedanya dengan wanita, pria tidak mengalami menopause sehingga osteoporosis datang lebih lambat.

Patah Tulang

Orang tidak dapat merasakan gejala kerapuhan tulang karena proses kepadatan tulang berkurang secara perlahan dan tidak disadari, sehingga osteoporosis sering disebut sebagai silent disease.

Biasanya seseorang patut dicurigai menderita osteoporosis setelah timbul gejala-gejala seperti patah tulang, punggung yang makin membungkuk, berkurangnya tinggi badan dan nyeri punggung.

Patah tulang karena osteoporosis biasa terjadi pada tulang paggul, tulang belakang dan pergelangan tangan. Namun sebenarnya semua tulang bisa terkena. Seseorang dengan osteoporosis dapat mengalami patah tulang hanya karena trauma minor atau pada kasus kerapuhan tulang yang serius.

Patah tulang dapat terjadi saat aktivitas sehari-hari, namun orang yang memiliki osteoporosis cenderung lebih besar kemungkinan untuk patah tulang karna kepadatan tulang yang berkurang.

Penderita osteoporosis yang yang mengalami patah tulang pinggang dan panggul sehingga tidak dapat berjalan, membuat penderita akan tiduran saja.

Akibatnya paru-paru tidak bisa mengeluarkan riak, sehinnga riak berkumpul dan menimbulkan infeksi. Orang meniggal akrena mengalami patah tulang pinggang dan panggul bukan karena penyakit osteoporosis, tetapi infeksi paru-paru sebagai akibat komplikasi dari patah tulang.

Masalah lain yang patut menjadi perhatian adalah nyeri pada patah tulang akibat osteoporosis mengakibatkan menurunnya kualitas hidup dan meningkatkan ketergantungan kepada orang lain.

Dari segi ekonomi, terapi dan rehabilisasi pasien patah tulang akibat osteoporosis juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya pencegahan patah tulang akibat osteoporosis menjadi poin penting agar terhindar dari osteoporosis. Berikut kami paparkan tips mencegah patah tulang.

Tips Mencegah Patah Tulang

Upaya pencegahan patah tulang

Idealnya upaya pencegahan osteoporosis sebaiknya dimulai sejak anak-anak. Tetapi tidak jadi masalah berapun usia anda kini, anda masih dapat melakukan gaya hidup sehat dan memilih makanan untuk menjaga tulang tetap kuat.

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis yaitu :

Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian anda. Pada orang dewasa usia dibawah 50 tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium dan 400-800 IU vitamin D tiap harinya, sedangkan orang dewasa diatas 50 tahun membutuhkan kalsium 1.200 mg dan 800-1.000 IU vitamin D setiap harinya.

Kalsium merupakan nutrisi yang akan bertanggung jawab guna menjaga tulang anda supaya tetap sehat bugar. Tidak menjadi rahasia lagi bahwa peran kalsium adalah sebagai salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang begitu pula ketika seseorang sedang mengalami patah tulang.

Kalsium tersebut akan diserap oleh tubuh bersamaan dengan vitamin D, adanya peningkatan asupan kalsium akan turut membantu dalam mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang.

Di samping itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium misalnya saja susu, kedelai, pisang yogurt, tahu, tempe dan lain sebagainya juga dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium pasien.

Baca Juga: Sayangi Nyawa Anda dengan Berhenti Merokok

Beberapa sayuran seperti brokoli, kale, serta lobak juga kaya akan nutrisi dan dapat dikonsumsi untuk menambah asupan kalsium setiap hari.

Latihan teratur. Latihan dapat meningkatkan kelenturan tulang. Lakukan olahraga pembebanan secara teratur seperti jalan kaki, bersepeda, jogging, dansa, tenis atau badminton serta naik turun tangga. Sebaiknya kombinasikan juga dengan latihan kelenturan dan keseimbangan. Latihan berfungsi penting dalam membantu memperkuat otot-otot. Latihan untuk patah tulang atau tulang retak harus dilakukan dengan hati-hati dan harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Hindari merokok dan minum-minuman beralkohol

Berdiskusi dengan dokter mengenai kemungkinan anda atau keluarga anda terkena resiko osteoporosis serta butuh atau tidaknya anda menjalani tes pemeriksaan kepadatan tulang.

Mengkonsumsi suplement. Jika merasa perlu minumlah suplement, Pilihlah suplement yang terbuat dari 100% bahan alami sehingga aman dikonsumsi berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga ibu hamil dan menyusui, pilih juga yang memiliki kandungan yang seimbang sehingga dapat mencegah terjadinya patah tulang akrena osteoporosis. Anda harus jeli memilih produk suplement yang akan anda konsumsi pastikan berlebel halal, lihat komosisi yang terkandung didalamnya dan jangan segan bila hal tersebut bisa memberi dampak positif bagi anda.

Demikian artikel Upaya pencegahan patah tulang semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda.