5 Makanan yang Dapat Memicu Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit ringan yang banyak dialami oleh semua orang. Kendati terlihat sepele, nyatanya penyakit ini sangat mengganggu sekali.

Apalagi jika munculnya pada kondisi yang sangat penting, misalnya saja ketika bekerja, bersekolah, berkendara di jalan raya dan lain sebagainya.

Penyebab sakit kepala sangatlah beragam. Namun demikian ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu sakit kepala.

Bagi anda yang sering mengalamani sakit kepala, barangkali beberapa makanan tersebut bisa saja menjadi sebab musababnya.

5 Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Sakit Kepala

Pada dasarnya makanan mempunyai zat-zat tertentu yang bagus untuk kesehatan. Tetapi ada beberapa zat yang justru memperburuk si penderita sakit kepala.

Beberapa macam makanan yang akan dibahas sepatutnya dipahami akan fungsinya agar sesuai dengan fungsinya.

Baca juga : Tірѕ Dіеt Suреr Cераt Pagi, Siang, Malam

Makanan tersebut sudah sering kita temui dan dikonsumsi, untuk itu jika terjadi sakit kepala sebaiknya menghindari makanan-makanan tertentu.

Kendati demikian, hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang. Sebab ketahanan tubuh satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda.

Walaupun seperti akan baik-baik saja setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Dikarenakan setiap ketahanan tubuh orang berbeda-beda, disini dijelaskan secara umum.

5 Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Sakit Kepala

Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu sakit kepala:

1. Keju Tua

Salah satu makanan pemicu sakit kepala paling umum adalah keju tua, seperti Camembert. Kandungan zat tyramine, yang terbentuk sebagai pengurai protein, menjadi biang keladinya. Semakin tua keju, semakin tinggi kandungan tyramine-nya.

2. Pisang

Pisang juga mengandung tyramine, terutama di bagian lapisan serat terluar yang membatasi buah dan kulit. Karenanya, jika rentan mengalami sakit kepala, hindari konsumsi serat pisang yang biasanya berupa suwiran-suwiran memanjang. Kurangi juga konsumsi buah-buahan lain yang rentan memicu sakit kepala, seperti avokad, kismis, pepaya, dan plum.

3. Kopi

Asupan kafein dalam jumlah normal memang dapat menghalau sakit kepala. Namun, konsumsi dalam jumlah berlebihan justru rentan memicu sakit kepala. Karenanya perhatikan konsumsi kafein tak lebih dari 200 atau 300 miligram sehari. Dan ingat, kafein tak hanya terkandung di kopi, tapi juga teh dan cokelat.

4. Alkohol

Alkohol berperan meningkatkan aliran darah ke otak dan memicu dehidrasi. Dua kondisi inilah yang potensial memunculkan rasa sakit di kepala.

5. Daging Olahan

Kandungan bahan pengawet dalam daging olahan, kecap, atau makanan olahan lainnya dikaitkan dengan penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya akan memunculkan gejala sakit di kepala.

Kelima jenis makanan dan minuman di atas sebaiknya dihindari oleh penderita sakit kepala, agar penyakitnya tidak semakin parah.

Perhatikan baik-baik apa yang sudah dijelaskan, beritahu orang kesayangan agar tidak menimpa orang yang anda kasihi. Kesehatan merupakan jiwa kehidupan yang sebenarnya jadi pertahankanlah itu kawan.